Home Industry

 

Home industry

Kekayaan alam Indonesia sangatlah berlimpah, hampir setiap tempat memiliki kekayaan alam dan sebenarnya bisa dimanfaatkan menjadi produk yang memiliki nilai jual yang tinggi. benda-benda yang selama ini dianggap tidak bisa dijadikan produk berdaya jual, bisa berubah menjadi bisnis yang menjanjikan.

Selain memanfaatkan alam sekitar untuk berwirausaha, beberapa tetangga yang menjadi karyawan, pasti akan diajari cara membuat barang-barang yang akan diproduksi. Meski tergolong usaha kecil, namun jika jumlah home industry meningkat tentu masalah pengangguran akan lebih teratasi dan alam sekitar pun akan lebih terasa manfaatnya. ”Jika home industri terus berkembang dan masyarakat berfikir pada home industri maka sudah bisa dipastikan pengangguran akan berkurang dan taraf hidup meningkat.“

Krisis global yang menimpa dunia sejak akhir tahun lalu menyebabkan Indonesia juga sudah mulai terkena dampak yang cukup kurang baik. Hal ini terutama dengan semakin sempitnya lapangan pekerjaan dan tingginya gelombang PHK di perusahaan-perusahaan yang berbasis ekspor. Hal ini menyebabkan banyak orang mulai berpikir untuk mencari alternative lain berupa wirausaha.

Namun, dengan berkembangnya waktu, mulai dirasa perlu untuk mencari tambahan pemasukan guna memenuhi kebutuhan hidup yang semakin meningkat. Ibu-ibu rumah tangga dan para mantan karyawan ini mulai melirik berbagai potensi home industry yang masuk dalam skala Usaha Kecil dan Menengah.

Berbagai inovasi di ciptakan dengan membuat berbagai bentuk kreasi hasil home industry, salah satunya yang paling marak adalah usaha di sector makanan dan minuman. Antara lain: membuat donat, coklat, minuman kemasan dari lidah buaya, rumput laut, dan sebagainya. Dari semula iseng-iseng, ternyata home industry ini malah sudah mulai mendapat tanggapan pasar yang cukup baik.

perlu atau tidaknya membentuk suatu badan usaha tergantung pada kepentingan orang tersebut. Jika memang yang bersangkutan tidak akan melakukan mitra khusus dengan perusahaan-perusahaan besar, ataupun melakukan kerjasama dengan instansi pemerintah, bentuk usaha Perorangan sudah cukup memadai. Tapi, jika ingin memperluas jaringan serta akan bermitra luas, biasanya mitranya lebih nyaman untuk berkerja sama dengan Badan Usaha.

Jika semua persyaratan sudahh lengkap dan kondisi di lapangan sudah memenuhi syarat maka ijin akan diberikan. Selain kita bisa dengan tenang mengedarkan dan memproses produksi kita secara luas dengan resmi, ada keuntungan tambahan dari pengurusan ijin ini.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s