BISNIS HEWAN TERNAK

Bisnis Hewan Ternak

Pengertian

Bisnis merupakan kegiatan untuk memperoleh keuntungan/tidak dan memenuhi kebutuhan manusia baik individu maupun kelompok dengan menawarkan barang dan jasa. Seseorang yang berbisnis mampu melihat kebutuhan masyarakat yang beraneka ragam dan berubah-ubah. Setiap pebisnis harus siap memperoleh untung atau rugi. kegiatan bisnis atau usaha di negara kita masih terbuka lebar. Lalu kenapa masih banyak di Indonesia pengangguran, orang-orang kelaparan, kemiskinan, dan sejenisnya. Banyaknya pengangguran, karena kebanyakan dari para pengangguran itu orientasinya hanya kepada kerja sebagai karyawan. Tidak melihat sekeliling Kita sendiri, sebenarnya apapun yang kita lihat bisa dijadikan uang.

Beberapa macam-macam bisnis yang ada di sekeliling kita antara lain salah satu contohnya yaitu :

Bisnis Hewan Ternak

Peternakan merupakan kegiatan mengembangbiakkan dan membudidayakan hewan ternak untuk mendapatkan keuntungan. Kegiatan di bidang peternakan dapat dibagi atas dua golongan, yaitu peternakan hewan besar seperti sapi, kambing, kerbau dan kuda, sedang kelompok kedua yaitu peternakan hewan kecil seperti ayam, kelinci dan hewan ternak lainnya. Ternak biasanya hewan yang sengaja dipelihara oleh manusia untuk diambil manfaatnya.

Bisnis hewan ternak ternyata bisa memperoleh banyak keuntungan. Atau bisa untuk menabung dan keuntungannya sama-sama menjanjikan. Bisnis dan investasi hewan ternak seperti kambing, sapi, dan kerbau sudah menjadi hal yang biasa buat sebagian orang. Pada kenyataannya, hewan ternak memang membawa untung.

Beberapa tujuan orang dalam mengelola hewan ternak dibagi dalam tiga golongan. Pertama, kelompok orang yang menjadikan hewan ternak sebagai pekerjaan sambilan. Masyarakat yang menjadikan hewan ternak sebagai pekerjaan sampingan biasanya cukup memelihara empat hingga lima ekor. Kedua, kelompok masyarakat yang menjadikan hewan ternak sebagai tabungan, dan ketiga, sebagai bisnis yang dijalani secara serius.

Masyarakat yang serius menekuni bisnis hewan ternak, kini tidak bisa dianggap remeh. Demikian halnya masyarakat yang menjadikan sapi, kambing, dan kerbau sebagai sarana menabung, jumlahnya juga semakin banyak. Hal ini dilakukan oleh masyarakat yang tinggal di desa. Kambing adalah hewan ternak yang paling produktif serta menguntungkan dibanding sapi dan kerbau. Dalam dua tahun, kambing setidaknya bisa melahirkan hingga tiga kali. Terlebih dari sisi modal, kambing juga lebih meringankan peternak.

Bagi peternak yang menjalankan bisnis hewan ternak, sebaiknya memperhatikan pola makan ternak untuk pertumbuhan bobot. Peternak mesti memperhatikan juga sistem penjualannya. Banyak pembeli yang sistem pembayarannya ngutang. Akibatnya, peternak bisa merugi. Sedangkan tabungan hewan ternak yang ditujukan untuk Idul Adha keuntungan yang diraih bisa berlipat, dan kebersihan kandang harus diperhatikan sehingga keuntungannya bisa maksimal. Kebersihan bisa mencegah hewan ternak terkena penyakit.

Memanfaatkan Limbah hewan bisa menambah untung.

Pengolahan limbah ternak merupakan salah satu upaya yang memberi banyak manfaat. Pengolahan limbah ternak dapat mengurangi dampak terhadap lingkungan. Di sisi lain, pengolahan limbah memberikan keuntungan karena pengolahannya menghasilkan produk yang mempunyai daya jual. Limbah ternak merupakan buangan dari pemeliharaan ternak. Limbah terdiri dari bagian padat dan cair, antara lain urin, kotoran sisa makanan, darah, bulu. Apabila tidak diambil tindakan untuk mengolah limbah, maka akan menimbulkan masalah yang makin besar. Berbagai jenis pengolahan limbah ternak antara lain dapat disebutkan bulu, kulit, tulang dan tanduk dapat dibuat barang kerajinan yang dapat menambah penghasilan para peternak.

Selain itu, tujuan pembangunan peternakan adalah meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan peternak, pelesatarian lingkungan hidup serta peningkatan devisa negara. Pembangunan sektor peternakan hewan merupakan  bagian dari pembangunan yang bertujuan untuk menyediakan pangan hewani berupa daging, susu, serta telur yang bernilai gizi tinggi, meningkatkan pendapatan petani peternak, serta menambah devisa dan memperluas kesempatan kerja.

Usaha peternakan sapi potong pada saat ini masih tetap menguntungkan. Pasalnya, permintaan pasar terus memperlihatkan peningkatan. Memelihara sapi sangat menguntungkan, karena tidak hanya menghasilkan daging dan susu, tetapi juga menghasilkan pupuk kandang dan sebagai tenaga kerja.

Sapi juga dapat digunakan menarik gerobak, kotoran sapi juga mempunyai nilai ekonomis, karena termasuk pupuk organik yang dibutuhkan oleh semua jenis tumbuhan. Kotoran sapi dapat menjadi sumber hara yang dapat memperbaiki struktur tanah sehingga menjadi lebih gembur dan subur.

Lokasi yang ideal untuk membangun kandang adalah daerah yang letaknya cukup jauh dari pemukiman penduduk tetapi mudah dicapai oleh kendaraan. Kandang harus terpisah dari rumah tinggal dan sinar matahari harus dapat menembus pelataran kandang serta dekat dengan lahan pertanian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s